Selasa, Mei 19, 2009

APAKAH USIA MEMPENGARUHI KEDEWASAAN?

Pertanyaan itulah yang terbelsit di benaku saat aku terbaring di tempat tidur ku.. hm,,,ada orang yang bilang kalo usianya makin tua berarti dia makin dewasa. Ada juga yang bilang terkadang usia yang lebih muda juga bisa lebih dewasa! Hm..sebenernya yang mana yang bener cieh??????
Dari pada aku pusing,aku langsung berinisiatif untuk sharing dengan teman dunia maya ku, biasa aku menyebutnya bang beno,yang aku tahu si dia seorang consultan, tapi entah benar pa tidak..
Kutipan pesan’ya begini.... “Sebenernya usia itu bisa mempengaruhi kedewasaan kita apa tidak?? Kedewasaan tidak tergantung dari usia, tapi dari pola fikir yang terbiasa untuk selalu bijak dan mampu mengatur logika.itu lah jawaban yang ia lontarkan.
Merenung sesaat dalam keheningan malam yang terasa sepi, benar juga ya.. terkadang orang yang lebih tua banyak yang fikirannya cenderung tidak dewasa. Berikut kita simak beberapa contoh:


• Seorang pengajar yang meninggalkan tanggung jawabnya sebagai pengajar hanya gara-gara prilaku murid mengusilinya dengan tindakan yang membuat beliau tersinggung. Padahal keusilan seorang murid harus dihadapi dengan kepintaran seorang pengajar,yang dapat membalas keusilannya itu dengan cara yang cerdas dan pola fikir yang dewasa.sedangkan melepas tanggung jawab bukankah itu salah satu sikap kekanak-kanakan?
• Orang tua yang berfikir bahwa anaknya akan bahagia bila ia dicukupi dengan uang meskipun tanpa disertai perhatian dan kasih sayang. Padahal uang tidak selamanya membuat bahagia, karena seorang anak juga perlu kasih sayang dan perhatian.
• Seorang kaka yang marah pada adiknya karena bosan selalu bertanya padanya ketika ada sesuatu yang adiknya tidak mengerti. Padahal apa salahnya dia membantu menjawab pertanyaan adiknya itu semampunya,tidak perlu dengan mara-mara. Alangkah baiknya seorang kaka menyikapi tindakan adiknya tersebut dengan bijaksana tanpa mara-mara.
Itulah beberapa contoh tindakan yang tidak dewasa yang dilakukan orang yang lebih tua kepada si muda. Jadi kesimpulannya kedewasaan itu tidak selalu dipengaruhi oleh faktor usia. Karena kedewasaan adalah suatu pilihan. Yang dapat kita pilih secara cuma-cuma, tinggal tergantung kalian memilih ingin menjadi manusia yang dewasa atau......???????????




By: Nela Mulsifa (fs,fb/blogg ==>> laslie_zeta@yahoo.com/gembelbiasa.blogspot.com)

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Nela Mulsifa | Design by Anders Noren

Up ↑