Senin, Maret 02, 2015

7 Langkah Mudah Desain Web Sempurna



Hallo sahabat, pada tulisan saya kali ini, saya tidak menulis tentang tutorial membuat sesuatu. Tapi saya akan berbagi tips untuk sahabat, mengenai “bagaimana cara membuat desain web yang sempurna”. Ada 7 langkah penting yang harus diperhatikan oleh para desainer web sebelum membuat sebuah desain. Apa sajakah itu? 

1. Inisialisasi Proyek 


Ketika anda mendapatkan sebuah proyek untuk membuat sebuah desain, tentunya anda memiliki banyak sekali ide-ide di kepala anda. Namun, jangan terlalu terburu-buru mengambil keputusan untuk menetapkan sebuah desain. Ada baiknya anda menenangkan pikiran, dan mengambil keputusan apakah proyek mencerminkan realitas dan apa saja persyaratan dasarnya. 

2. Mengajukan Pertanyaan 


Sebagai seorang desainer, anda perlu mengajukan pertanyaan sebagai beriku: 
  • Sebagai desainer apa yang anda cari dalam sebuah proyek? 
  • Apa yang client anda harapkan dari apa yang anda lakukan? 

Mungkin ada beberapa item yang ingin anda masukkan seperti navigasi dengan struktur yang bebeda, logo, dan lain sebagainya. 

3. Membuat Sketsa Mockup 


Buatlah sebuah mockup atau rancangan awal desain pada sebuah kertas atau paint, atau alat untuk menggambar lainnya, sehingga akan memudahkan anda dalam membuat proses desain. Jika anda tidak artistik, jangan khawatir. Bahkan sketsa kasar juga dapat memberikan inspirasi. Dengan prototype anda akan memilik perdoman yang tepat yang akan menjadi dasar untuk desain halaman web anda. Jika halaman ternyata dirasa kurang cocok, anda bisa dengan mudah memodifikasinya. 

4. Carilah Beberapa Sumber Inspirasi 


Tidak ada salahnya anda mencari beberapa sumber inspirasi di situs-situs desain, majalah, video dll untuk memancing kreatiftas anda. Anda dapat mengambil ide-ide yang berbeda, dan gaya artistik atau campuran dari ide-ide para desainer yang lain. Sehingga anda menghasilkan desain fantastic anda sendiri. 

5. Pengujian – Aspek Penting yang Sering Diabaikan 


Cobalah untuk memvisualisasikan bagaimana proyek anda saat muncul di browser. Bayangkan bahwa diri anda adalah sebagai penonton, dan melihat dengan mata pengguna bagaimana proyek anda terlihat. Praktek ini akan membantu anda dalam melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. 

6. Desain Alternatif Untuk Perbandingan 

Meskipun proses membuat alternative sedikit memakan waktu, tapi hal tersebut penting dan jangan sampai dilewatkan. Anda dapat membuat desain alternative di Photoshop misalnya. 

7. Sisakan Ruang Kosong 


Selalu sediakan ruang kosong saat anda merancang suatu desain. Maksutnya, jaga lah elemen-elemen agar tidak terlalu padat. Sehingga setiap elemen yang telah dirancang akan terlihat rapi dengan simetri yang sempurna. Buatlah elemen-elemen yang memang diperlukan, dan hapuslah elemen-elemen yang tidak diperlukan. 

Nahh itu lah ketujuh tips untuk membuat desain web yang sempurna. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. :) 


Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Nela Mulsifa | Design by Anders Noren

Up ↑