Senin, Maret 02, 2015

ANIMASI BOLA BASKET DENGAN PHOTOSHOP CS6


Hallo sahabat, saya akan mencoba membuat tutorial animasi yang sangat sederhana menggunakan Photoshop CS6. Mungkin diantara teman-teman sudah banyak yang tau, tapi saya mau tetap lanjut membuat tutorial sederhana ini.. hihihi Yukk kita mulai saja ya, nanti ngobrolnya dilanjut di tulisan saya yang berikutnya :D Nah.. yang harus Anda siapkan dalam membuat tutorial ini adalah dua buah gambar, yang berfungsi sebagai background dan objek animasinya. Pada tutorial ini, saya menggunakan gambar bola basket sebagai objek yang akan diberikan anmasi. 


Jika sudah siap, silahkan perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut : 1. Buka kedua buah gambar yang telah disediakan di photoshop 2. Drag objek bola ke dalam lembar kerja yang akan dijadikan sebuah background 


3. Buka menu window ->Timeline


4. Maka akan muncul dialog timeline dibagian bawah lembar kerja seperti dibawah ini.


5. Bagaimana? Sudah pusing belum? :D Biar engga tambah pusing, kita lanjut lagi yaaa… :p Tahapan berikutnya adalah meletakkan objek bola basket pada posisi awal.


6. Kemudian pilih Duplicated Selected Frame


7. Atur peletakkan posisi kedua objek bola basket


Saya menggunakan rules untuk menjadi patokan peletakan objek bola basket. 8. Lalu block kedua frame dan pilih Tweens Animation Frame, atur jumlah frame yang akan ditambahkan.


Hasilnya akan seperti ini


9. Duplicat kembali frame terakhir dengan Duplicated Selected Frame pada frame yang ke 22, kemudian atur posisi bola basket. Block frame 22 dan frame 23, lalu berikan Tweens Animation Frame dengan menambahkan 20 frame lagi pada kotak dialog tween. 


10. Lakukan hal yang sama seperti tahap no 9 dengan meletakkan posisi bola basket seperti dibawah ini


Dan lakukan lagi tahap no 9 dengan posisi akhir bola basket di letakkan di bawah background seperti ini.
 

11. Tahap akhir adalah dengan menjalankan animasi. Silahkan pilih tambol play dan lihat hasilnya.


12. Untuk menyimpannya, silahkan pilih menu FILE -> SAVE FOR WEB, pastikan Anda menyimpannya dalam bentuk .gif Yeyy… bagaimana? Mudah bukan? Semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat teman-teman, silahkan modifikasi lagi posisi peletakkan bola dan pengaturan frame tweennya. :) Untuk penjelasan mengenai Tweens Animation Frame, akan saya jelaskan lebih rinci pada tulisan saya selanjutnya. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.



 

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Nela Mulsifa | Design by Anders Noren

Up ↑