Senin, Maret 02, 2015

Mencari Jumlah Hari Dengan PHP


Hallo sahabat Dumet…. Bertemu lagi dengan Nela disini.. Bagaimana kegiatan sahabat hari ini? Apakah masih ada yang terjebak banjir? Atau mungkin masih ada yang terjebak nostalgia? :D Hmmm… kali ini materi apa lagi ya yang akan saya berikan kepada sahabat? Tentunya materi yang sederhana, karna saya juga masih harus banyak belajar. Jadi, mari kita belajar sama-sama untuk menambah pengetahuan kita.

Saya menemukan materi yang menarik dari sebuah buku yang berjudul PHP Programming terbitan ANDI dan WAHANA KOMPUTER. Disana dijelaskan, bahwa PHP mempunyai fungsi khusus yang digunakan untuk menghitung jumlah hari dalam bulan tertentu. Oyaa?? Masa sih?..... Ga percaya??? Mari kita buktikan bersama. :D PHP mempunya sebuah function cal_days_in_month(); function tersebut memiliki sintaks sebagai berikut: cal_days_in_month(a,b,c);

Keterangan: 
- a adalah jenis kalender yang diinginkan
- b adalah bilangan yang menunjukkan jenis bulan
- c adalah tahun untuk parameter a

PHP menyediakan 4 jenis kalender. Apa sajakah itu? Cieeee… mulai kepo :D ok ok biar engga penasaran, saya akan dengan senang hati memberitahukannya pada sahabat. Yang pertama adalah kalender Perancis (CAL_FRENCH), yang kedua adalah kalender Gregorius (CAL_GREGORIAN), yang ketiga kalender Yahudi (CAL_JEWISH), dan yang terakhir adalah…. Kasih tau engga yaaaa?? :p dan yang terakhir adalah kalender Julian (CAL_JULIAN). Akan tetapi yang paling sering digunakan adalah kalender Gregorian. Sekarang kita praktikan ya…. Silahkan ketikkan sintaks programnya sebagai berikut:


Sudah??? Coba sahabat perhatikan pada sintaks yang telah saya tandai dengan garis kota merah. Kalender yang saya gunakan adalah kalender Gregorian, dan saya ingin mencari jumlah hari pada bulan April ditahun 1992. Sekarang silahkan sahabat jalankan file PHP nya di browser kesayangan sahabat. Maka hasil yang akan ditampilkan adalah sebagai berikut: 


Bagaimana? Mudah bukan? :) Sampai jumpa di pertemuan virtual selanjutnya :)


Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Nela Mulsifa | Design by Anders Noren

Up ↑